Kacamata SofyanRian

Semua aku ungkapkan dari caraku memandang. Tak peduli orang memandang lain, aku akan tetap memandang dari sudut dimana seharusnya aku memandang karena setiap kacamata memiliki sudut pandang tersendiri.

Kamis, 27 November 2014

Seharusnya

Seharusnya!
Seharusnya aku punya sayap
Aku bisa terbang dan menjelajahi awan
Seharusnya!
Seharusnya aku punya insang
Aku bisa berenang arungi lautan
Seharusnya!
Seharusnya aku punya mata elang
Aku bisa melihat jauh dan tajam

Seharusnya memang indah
Seharusnya memang tak selalu searah

Seharusnya adalah sebuah harapan
Harapan indah yang selalu melayang dalam angan.

Namun apakah kita hanya diam dan menaruh seharusnya  selamanya dalam angan?
Atau kita menjadikan seharusnya sebagai tujuan petualangan?
Jika seharusnya adalah tujuan petualangan, siapkah kita berjuang?
Kita akan berjalan jauh ke arah seharusnya
Perihnya luka dan tetes air mata sebagai teman setia
Seharusnya sangat jauh.
Tak mudah rasanya untuk menemukanya.
Karena "seharusnya" adalah mimpi dan kita akan selalu menuju ke arahnya.

Rabu, 08 Oktober 2014

Sajak untuk Sang Raja


Wahai sang raja apakah engkau buta?
Seribu hambamu tertidur pulas di bawah kakimu
Wahai sang raja apakah engkau tuli?
Seribu hambamu menyanyikan lagu airmata untukcdirimu
Wahai sang raja apakah engkau bisu?
Seribu hambamu berharap engkau memberikan mereka tangisan bahagia

Wahai sang raja, kamilah hambamu yang menderita
Tidur beralaskan empuknya ranjang jalanan
Berdiri diantara segarnya udara perempatan

Sang raja tidaklah engkau melihat tanah kami tak lagi subur?
Tidakkah engkau melihat hambamu kelaparan?
Banyak dari mereka mati karena tak mampu makan

Sang raja mana janjimu? Engkau selalu berjanji akan memuliakan kami?
Tapi yang engkau muliakan justru orang-orang yg mengaku sebagai wakil kami.

Sang raja dengarlah suara kami dari mulut kami, tutuplah telingamu dari mereka-mereka yang mengaku sebagai utusan kami.
Sang raja gandenglah kami langsung dari tanah kami, janganlah engkau memegandeng tangan kami dengan tangan-tangan yg patah tulangnya

Ya rajaku kamilah hambamu yang ingin engkau muliakan.

Selasa, 08 Juli 2014

Inilah Pilihan Saya

Wheeeeellllll, hari ini adalah 8 Juli 2014. Sudah saatnya gue nentuin pilihan gue buat besok. Beberapa bulan yang lalu gue dilanda galau politik akut bak milah-milih istri yang masih perawan di jaman sekarang. Iya bener nyari capres yang bener-bener perfect untuk Indonesia di tahun 2014 ini emang sesusah nyari istri yang bener-bener masih perawan ting-ting belum tersentuh seorang cowok pun, ya katanya ini jaman modern Men, dimana kalau pacaran itu wajib minimal ciuman katanya, katanya loh ya!
Kembali ke capres. Yak sekarang ini Indonesia bener-bener baru dilanda krisis pemimpin, banyak orang yang ingin mencalonkan dirinya sebagai presiden, namun menurut gue nggak ada satupun dari mereka yang cocok buat jadi pemimpin bangsa kita. Waktu itu diantara banyak pencapres termasuk si Farhad Abbas si Soak yang katanya juga siap maju nyapres itu mata gue justru melirik beberapa tokoh yang bisa dikatakan nggak  tertarik buat nyapres tapi punya potensi buat jadi presiden. Tokoh itu adalah Anies Baswedan, Joko Widodo dan Risma walikota Surabaya. Waktu itu gue mikir dari ketiga nama diatas nggak bakalan ada yang mencalonkan dirinya sebagai calon presiden. Sampai akhirnya Pak Jokowi maju juga.
Gak bisa di pungkiri awalnya gue adalah fans berat dari Jokowi, kalau pada nggak percaya silahkan lihat beberpa akun sosmed gue, ketika Jokowi menang di pilgub DKI gue turut mengekspresikan kebahagian gue, bahkan waktu itu gue ikut ber-selebrasi bareng ibu-ibu pedagan di pasar gede atas kemenangan Jokowi di Pilgub DKI, ada kok buktinya foto masih ada di Instagram. Kalau masih nggak percaya lagi tanya tuh sama mantan yang diambil orang haha, dia harusnya msaih inget segila apa gue ngefans Jokowi. Namun seiring berjalanya waktu kepercayaan gue terhadap Jokowi mulai pudar terutama ketika mulai datang isu bahwa dirinya bakal maju sebagai calon presiden RI, entah kenapa gue jadi nggak begitu condong ke Jokowi, mungkin ini pengaruh dari prasangka-prasangka negatif gue ke partai pengusung Jokowi dan beberapa orang dibelakangnya serta yang paling utama adalah karena ulah para relawanya yang kadang buat gue risi karena seolah mereka mendewakan Jokowi. Iya, seolah-olahtu mereka nganggep jokowi nggak pernah ada salahnya, apapun itu asal jokowi yang nglakuin bener ajaaaa terus, nggak ada salahnya pokoknya.
Selain dua hal diatas gue juga risi banget sama sifat jokowi yang terlalu reaktif dengan isu-isu yang menyerangnya, sampai-sampai dia harus pergi umroh karena di serang kalau dirinya non muslim. Gue kira nggak perlu se reaktif itu juga kali, dulu Boedieono juga di fitnah dengan isu yang sama kalau dirinya non-muslim, tapi dianya juga cuek aja kok. Dari situ gue mulai melirik Prabowo yang lebih berbesar hati menerima isu-isu negatif yang menyerang dirinya, ya walaupun  kalau dilihat dari timsesnya sih sebenernya juga sama aja dengan sikap timses Jokowi, tapi setidaknya Prabowo sendiri tetep steii kul sama isu negatif yang nyerang dirinya itu adalah sikap yang baik sebagai seorang negarawan, sekalipun mungkin itu Cuma pencitraan atau gimana tapi menurut gue langkah yang diambil Prabowo buat naggepin isu-isu negatif itu sangat tepat.
Entah kenapa semakin hari gue semakin tertarik dan condong ke Prabowo di bandingkan Jokowi, Padahal dulunya gue dan keluarga sama sekali nggak suka pada beliau, apa mungkin gara-gara “gething nyanding ya?” Ya bisa jadi sih. Tapi gue juga nggak begitu gampangnya langsung percaya sama beliau sih, apalagi dengan latar belakang masalah di masa lalunya yang udah jadi rahasia Umum. Waktu tertarik buat milih prabowo muncul juga sih berbagai pertanyaan. Apakah mungkin seorang mantan pelanggar HAM mampu membawa Indonesia lebih baik? Apa mungkin seorang yang katanya dipecat secara tidak hormat oleh instansinya karena suatu masalah besar mampu menjadi seorang pemimpin Negara? Dan banyaklah pertanyaan lain yang membuat gue serba dilemma mau milih siapa.
Jawaban demi jawaban dari pertanyaan gue itu pun mulai gue dapati dan gue fahami. Hingga akhirnya gue punya satu kesimpulan Memang benar Prabowo bermasalah di masalalunya, tapi apa selamanya orang yang buruk akan selalu buruk sikapnya sepanjang dia hidup? Gue piker nggak! Kalau mau lihat dari sejarah Islam juga ada contohnya kok, yang paling sangar ya Ummar Bin Khatab, pada awalnya beliau juga orang yang sangat bermasalah bahkan memusuhi Islam, memukuli orang yang masuk Islam, bahkan sampai adiknya sendiri dia pukul gara-gara baca Al-Qur'an, tapi Allah nggak tidur Umar pun mendapat hidayah, dibukalah mata hatinya hingga akhirnya di mau berjuang dengan rasululloh bahkan sempat menjadi seorang khalifah yang sangat berjasa bagi umat Islam. Dari situ  kita tahu Semua orang bisa saja berubah, yang buruk bisa jadi baik dan sebaliknya yang baik bisa jadi berubah menjadi lebih buruk.  
Semakin bertambah hari bertambah pula keyakinan gue terhadap prabowo, sekalipun banyak sekali isu negatif yang menyerang beliau, gue merasa kalau itu adalah suatu ketidak mungkinan, iya gue langsung aja nggak percaya. Entah itu keluar karena mata gue telah di butakan oleh syaitan sehingga nggak mamu melihat suatu kebenaran atau karena telah dibukakan oleh tuhan gue juga nggak tau, yang jelas saat ini menurut presepsi gue dari kedua capres memang tidak ada satupun yang sempurna, semua pasti membawa madharat, namun diantara mereka pasti ada yang memberikan mudharat yang paling kecil dan menurut gue orang itu adalah PRABOWO SUBIANTO.
Alhamdulillah saat ini gue mampu meyakinkan orang tua dan juga sebagian dari keluarga gue untuk memilih Prabowo Subianto, sekalipun pada awalnya mereka cenderung mendukung capres nomor 2 atas alasan berasal dari rakyat, peduli terhadap rakyat dan podo-podo wong solone.
Yap inilah akhir dari tulisan gue, berapapun jumlah jari yang kita tunjukan 1 atau 2, kita semua tetap bersaudara, kita tetap 1 Indonesia, kita boleh berbeda tapi jiwa kita tetap 1 Indonesia. Salam 2 Jari untuk pemilu yang damai J

Selasa, 01 April 2014

Jebakan April MOP

Hay guys rasa-rasanya udah lama banget gue nggak mainin jari-jari gue di keyboard manis ini, sungguh kangen banget rasanya klimaks dengan main jari *loooh. Haha. Udah sebulan lebih bahkan mungkin 2 bulan gue nggak nyentuh blog gak jelas ini, rasanya blog gue jadi sepi banget dan penuh debu.
                Ngomong-ngomong hari ini adalah tanggal 1 April, yak semua orang tau kalau hari ini tanggal 1 April. Sebenernya ada momen istimewa di hari ini “APRIL MOP”, yak bener banget april mop. Mungkin bagi sebagian orang april mop ini sangat biasa banget bisa jadi malah nggak ada artinya yakan? Tapi april mop adalah momen yang sangat berharga bagi gue dan kaum gue (jomblo akut) untuk melepaskan status lajang.
                Di hari ini gue yakin kalau gue bakalan lepas dari status JOMBLO, gue bakalan laku dan gue nggak jadi masuk masa cowok kadaluarsa, gue punya cara ampuh buat ngebasmi virus jomblo ini dalam waktu sehari dan gue yakin banget car ague bakalan berhasil, nggak akan gagal kayak cara-cara gue sebelumnya.
                Gue udah buat list apa aja yang harus gue kerjain hari ini agar gue nggak jomblo lagi, hal yang pertama gue lakuin di hari ini adalah nyebar sms yang isinya nembak cewek dan gue kirim ke semua kontak cewek  yang ada di HP gue, termasuk tante temen gue, ibu temen gue dan nenek temen gue pokoknya asal mereka cewek, setelah itu gue tinggal nunggu jawaban mereka. Kalau diantara dari mereka ada yang bales iya “berarti bagus, gue tinggal nglakuin sortir mana yang lebih memiliki poin plus buat bisa jadi pacar gue.” Kalau mereka bales nggak mau jadi pacar gue atau nolak, gue akan ngirim sms ke mereka “APRIL MOOOOP” yak gue nggak bakal malu karena ditolak, dan kalau dari mereka ada yang nggak bales karena ilfil sama gue, gue bakal sms mereka dengan 2 kata “AHHHHHH BAJAAAAAAK T.T” dan mereka nggak akan jadi ilfil sama gue.
                Lalu hal kedua yang bakalan gue lakuin hari ini adalah beli cokelat dan seikat mawar merah, gue bawa 2 benda itu ke kampus dan gue nembak cewek yang gue temui satu persatu, termasuk dekan, pembantu dekan, dosen, karyawan, tukang sapu, tukang bersihin kloset, mahasiswi biasa, mahasiswi agak nggak biasa, mahasiswi cabe-cabean, dan mahasiswi cabe special. Semua bakalan gue tembak, ketika ada cewek cantik yang approve gue berarti “Alhamdulillah, masa suram gue berhasil hilang.” Kalau mereka nolak gue bakalan bilang “APRIL MOP” lagi, sambil ngumpetin cokelat sama mawar gue di celana biar bisa buat nembak cewek lain.

                Terakhir jika dengan kedua cara diatas gue masih belum bisa berhasil, gue bakalan nglakuin jebakan April Mop gue di lampu merah belakang kampus. Sistematikanya sama, Cuma kali ini gue bakalan pakai plastic gorengan buat nutupin muka gue, agar kemaluan gue juga tertutup. Gue yakin banget dengan ketiga jurus jitu gue ini, gue bakalan lepas dari gelapnya dunia jomblo yang selalu di bayangi homo di ujung jalan dan gue juga yakin dengan cara ini ditulisan gue berikutnya, gue bakal ganti tulisan SALE 99,9999%, menjadi SOLD OUT. Oke gue sofyanrian doain gue berhasil di misi gue amin. Salam hari akhir jomblo.

Minggu, 12 Januari 2014

Cara Mudah Move On #2

Cinta emang nggak selamanya bisa bertahan, selama apapun kita pacaran dan sesering apapun kita bilang “aku pengen kita kayak gini terus”  ke pacar kita pada akhirnya cinta itu akan pupus juga. Cara putusnya pun beragam ada yang karena si cewek sadar cowoknya ternyata nggak ganteng, ada yang karena si cewek sadar kalo selama ini dia khilaf, ada yang karena si cewek tau cowok lain yang lebih ganteng dan bertampang menjanjikan. Shit kali ini gue malah curhat. Bentar gue mau kebelakang dulu ambil tisu.
Emang bener kalau cinta itu tak pernah memandang usia, nggak tua, muda, anak-anak, bahkan orang yang udah bau tanah pun berpotensi mengalami jatuh cinta dan entah bagaimana cinta itu datang mereka juga tak akan pernah mengerti. Satu-satunya hal yang mereka mengerti saat jatuh cinta adalah “Even the days are brighter when someone you loves beside you, even the night are better when I found you.” Namun gue mengerti suatu kepastian entah siapapun yang jatuh cinta dan bagaimana pun cinta mereka, pada akhirnya cinta akan ada akhirnya. Itu sudah menjadi sebuah suratan dimana ada awal suatu hubungan pasti ada akhirnya. Terkadang saat cinta telah berakhir ada beberapa orang yang merasa sangat sedih, murung, pengen mati. Kayak gue dulu. Ada juga yang sangat senengnya kayak kelaur dari inti neraka ketika cintanya telah berakhir, seperti mantan-mantan gue.
Ketika cinta telah berakhir hanya ada satu kata menyakitkan yang selalu setia menemani kita. MOVE ON. Move on adalah awal menuju ke indahan yang sangat menyakitkan. Ini adalah penerapan peribahasa Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian (Jika berhasil), namun bagi orang-orang yang tergolong gagal move on peribahasa itu pun berganti Bersakit-sakit dahulu sampai mati di kemudian hari. Gue paling iba kalau meliahat orang-orang yang lagi dalam fase move on. Hari-hari mereka bagaikan daging tanpa tulang, bahkan katanya mereka kadang sampai nggak bisa bedain mana sushi dan mana tai, termasuk gue waktu di fase move on dulu, gue selalu makan tai saat gue laper.
Atas perasaan iba itu pun akhirnya gue nulis ini, gue akan memberikan sedikit jurus untuk menghindari kematian saat Lo dalam fase move on. Jadi bagi Lo yang sedang mengalami galau akut stadium akhir nggak perlu khawatir dengan cara yang gue tulis ini dan dengan se ijin Tuhan Yang Maha Esa serta dengan di dorong oleh keinginan leluhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas galau insyaallah lo nggak akan mati karena gagal move on. Jurus move on kali ini berbeda dengan tulisan sebelumnya yang cengigisan, kali ini lebih cengigisan lagi.
Oke langkah Pertama untuk melakukan sebuah move on adalah niat, dengan niat di hati, gue yakin Lo akan lebih mantap untuk menjalankan proses meyulitkan ini. Setelah niat Lo udah mantap sekarang kuatkan hati Lo untuk tidak menghubungi orang yang memaksa Lo menjalani proses move on ini, nah kalau semisal Lo kangen dengan mantan Lo, lo bisa niru cara gue. Waktu itu gue sedang dalam fase move on dan gue kangen berat sama mantan gue yang udah sama cowok lain, akhirnya gue nyari temen buat chat, tapi sayangnya udah pada tidur karena waktu itu udah jam 1 malem, akhirnya gue telepon temen-temen cewek gue, dan gue nggak ngomong satu kata pun, gue Cuma muterin lagu linsir wengi. Akhirnya mereka ketakutan nggak berani tidur dan ngechat gue sampai pagi dan akhirnya gue nggak kangen lagi sama mantan gue.
Kemudian langkah kedua adalah membuat hati lo se senang mungkin, bagaimana pun caranya, kalau lo suka manjat, ya manjat aja tiang BTS terdekat, kalau lo suka joget ya joget aja di depan penjual CD bajakan, atau apapunlah yang bisa buat hati kalian seneng dan nggak galau lagi. Sekedar berbagi kalau dulu gue selalu nyenengin hati gue dengan main tamagochi di smartphone gue, gue nganggep peliharaan gue adalah pacar gue yang baru, gue pelukin dia, gue ciumin dia, gue ajakin dia ngomong dan dua hari berikutnya gue dianter keluarga gue ke RSJ deket kampus gue sekarang. Gue seneng banget ketemu temen-temen baru yang murah senyum dan ketawa-ketawa sendiri, akhirnya gue punikutan ketawa sendiri dan galau gue hilang.
The next step adalah jangan pernah menyendiri atau merasa sendiri, lo nggak perlu dateng ke kuburan dan nangis-nangis sambil kayang di atas nisan kakek lo karena merasa sendiri, inget kalo lo masih punya banyak temen yang siap nemenin lo kemanapun lo mau, ya kalo lo udah terlanjur di kuburan ajakin aja kuntilanak galau yang lagi mangkring di pohon main ke tempat-tempat yang menyenangkan seperti mall, pasar, karaokean, surga atau kemapunlah asal jangan ke lokalisasi pelacuran, karena itu berbahaya kalau tiba-tiba ada FPI lagi sweeping. Kalian bisa masuk headline news TV dan judulnya itu bakalan nggak asik banget dah “Seorang Remaja Mati saat Kimpoy dengan Kuntilanak karena Kepergok FPI”
Then buat sebuah ideologi kalau cewek itu nggak Cuma satu dan cewek yang hianati lo adalah cewek terburuk yang pernah ada. Jadi biarakan saja dia pergi, mungkin dengan kepergianya akan membuat hidup lo jadi lebih baik, atau kalau lo lagi apes ya jadi lebih buruk. Dan satu lagi yang perlu kalian tau cewek yang kayak gitu nggak pantes lahi kalian perjuangin, udahlah let her go aja, nggak usah bingung kalian cukup menangisi kepergianya aja kok atau kalau kalian cowok pemberani ya bales aja kepergianya dengan pergi untuk selama-lamanya.
Next The last step adalah ketika kalian sedang menjalani proses move on buat aja hidup kalian se santai mungkin, kalian nggak perlu tergesa-gesa nyari pasangan baru, nikmatin dulu kesendirian kalian, hingga kalian bener-bener dalam zona tidak nyaman karena ke jombloan kalian baru kalian berusaha untuk mencari orang baru dan jangan lupa untuk menyiapkan diri buat move on lagi di kemudian hari.

Oke itulah paduan praktis munuju keberhasilan moveon dari gue, semoga setelah membaca tulisan ini kalian bisa mendapat sedikit pencerahan atau kalau mungkin hidup kalian malah tambah burem ya maaf, bukan itu maksud gue. Akhir kata sekian dari gue, gue SofyanRian dan inilah cara gue memandang dari kacamata gue.

Jumat, 10 Januari 2014

Cinta Gagal Vina #1

                Waku berlalu sangat cepat, lima tahun sudah gue pisah dari gebetan gue si vina. Gue kenal dia waktu SMP kelas 2. Awal gue kenalan sama Vina sangat tolol, gue kenalan lewat HP. HP temen gue, awalnya gue nggak ada niatan buat tau namanya bahkan deket dengan dia, tapi pada suatu siang temen gue si Muchtar datang ke gue dan bilang “Yan HP gue baru nih, tapi gue bingung makenya gimana, tolong dong lu pake dulu HP gue, gue pinjem HP lu.” Akhirnya gue bawa pulang HPnya dan bodohnya kita tukeran HP sekaligus nomornya, gue baru sadar setelah sampai rumah.
                Baru beberapa menit gue sampai dirumah gue langsung dapet sms yang isinya curhatan panjang banget kayak novel, gue bingung harus bales gimana karena sms itu bukan buat gue, gue mau bilang ke Muchtar tapi gue nggak hafal sama nomer HP gue, karena waktu SMP gue selalu ganti nomor HP gue setiap 2 minggu sekali agar HP gue tidak terjangkit Infeksi berbahaya, nyatanya malah gue yang terinfeksi virus alay akut tingkat dewa.
                Akhirnya gue bales curhatan itu dan gue pura-pura jadi temen gue, sampai akhirnya karena gue udah kehabisan kata-kata gue ngaku kalo gue bukan muchtar, Vina pun kaget dengan emotnya yang mungkin udah nggak bisa kebaca di smartphone jaman sekarang. Vina jadi kepo dan nanya-nanyain gue siapa sambil mohon-mohon buat ngak negbuka aib nya. Akhirnya gue ngaku
“Gue Rian temenya muchtar, kita lagi tukeran HP.”
“Oh rian, Rian SofyanHidayatulloh kelas 8 A yang biasanya bareng muchtar itu?”
“Iya, loh kok lu tau gue?” gue bingung dia tau nama lengkap gue dari mana
“Yaelah, lu tuh sering banget di obrolin dikelas gue.”
“Ha? Beneran?” mendadak gue merasa seperti artis yang lagi jumpa fans
“Iya bener, nggak ada anak dikelas gue yang nggak tau lu, muka lu tuh khas banget, khas sama anehnya.
Mendadak hasrat gue buat bales smsnya pun hilang, gue nggak mau bales lagi SMSnya. Tapi beberapa waktu kemudian gue SMS dia, mupung ada cewek yang mau smsan sama gue.
                Ke esokan harinya HP udah gue balikin ke muchtar, dan gue udah nyempetin buat nyatet nomor HP si vina di uang seribuan gue. Malemnya gue SMSan lagi sama vina, dan mulai saat itulah gue jadi sering banget SMS Vina walaupun gue belum tahu Vina itu sebenernya yang mana.  Makin lam gue makin deket dengan Vina, waktu UTS gue belajar bareng si Vina. Belajar bareng via SMS, gue Tanya jawab sama dia, tiap gue  buat pertanyaan atau menjawab pertanyaan gue selalu nyari pertanyaan di internet biar gue keliatan pinter di depan Vina. Sampai akhrinya Vina bilang “Loh Rian itukan pertanyaan bokap gue yang di posting di blognya.” Gue waktu itu nggak tau blog itu apa, gue pun ngeles “Bukan vina itu pertanyaan gue sendiri di blog gue juga ada kok.”
“loh lu punya blog yan? Kok lu nggak bilang sama gue, kasih tau blog lu dong.” Sikap kepo vina makin kumat, dan gue juga semakin bingung apa itu blog, gue bener-bener nggak tau sama sekali. Akhirnya gue bilang kalo gue lupa sama blog gue.
                Gue ngak mau sok keren lagi di depan Vina, banyak banget hal dan istilah yang gue sama sekali nggak tau, tapi ternyata si vina faham betul dengan Hal itu. Mungkin itu karena Vina adalah anak yang rajin dan suka banget baca-baca beda banget sama gue yang hanya suka baca SMS Vina, disaat Vina cerita tentang banyak banget buku, gue nggak pernah bisa ngasih tanggapan sedikitpun tentang buku itu, karena satu-satunya buku selain buku pelajaran yang gue baca dan gue fahami hanyalah buku hentai, tapi sayang banget Vina nggak pernah ngajakin gue ngobrolin buku hentai, jadi gue nggak bisa ungkapin ke fasihan gue tentang hentai.
                Vina adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup gue, berkat di ague tau kalau otak gue cocok banbet buat belajar di dini hari. Awalnya sangat sederhana, waktu itu sekolah kandang ayam kami sedang menjalani UUS 2, dan gue nanya ke Vina.
“Vin lu nggak belajar, besok UAS PKn susah loh banyak ngehafalnya.” Tanya gue dengan sangat sok perhatian
“Gue nggak bisa belajar jam segini Rian, gue baru bisa belajar jam 3 pagi.”
“Oh gitu ya? Sama vin gue juga gitu kok, gue kalo belajar selalu jam 2 pagi, soalnya kalo nggak jam segitu susah vin.” Gue bo’ongin Vina biar gue keliatan 1 level diatasnya.
“Oh ya? Kalau gitu besok bangunin gue ya, kita belajar bareng lagi.” Si Vina langsung percaya dengan gue, dan gue pun bingung gimana car ague bangunin dia jam 3 dini hari, seumur-umur gue bangun jam segitu Cuma waktu sahur bulan ramadhan atau dulu pas titit gue kejatuhan tikus saat malam pertama sunatan gue.
Gue akhirnya gunain fitur penundaan pengiriman di HP gue, gue nulis 6 sms malem hari sebelum gue tidur, dan gue set pengirimanya setiap 3 menit sekali. Akhirnya gue bisa tidur dengan nyenyak seperti biasa. Ke esokan harinya gue di bangunin nyokap gue, begitu gue bangun ada 15 pesan masuk dan 6 panggilan tak terjawab dari Vina, 5 sms terakhirnya adalah mint ague balesin smsnya, awalnya gue bingung mau bales gimana, akhirnya keluarlah  bola lampu dari otak gue, gue langsung bales ke vina “Eh Vina, sorry banget baru bales, gue kalo pas belajar pagi kayak gini nggak bisa di ganggu sama apapun, semua nggak aku perhatiin kecuali buku.” Dan Vina pun percaya dengan gue.
Dihari ke dua, gue berusaha beneran bangun jam 3 pagi buat belajar, tapi ternyata sulit banget gue bangun Cuma buat ngebanguni Vina, setelah itu gue tertidur lagi, di hari ketiga gue bisa melek sampai setengah jam dan begitulah seterusnya dalam seminggu. Berkat training singkat itu akhirnya sampai sekarang gue selalu belajar dini hari kalau mau ada ujian dan hasilnya emang bener lebih perfect di banding system SKS (Sistem kebut semalam) yang dulu selalu gue lakuin.

******************************bersambung***************************

Sabtu, 04 Januari 2014

Cabe-cabean

Di tengah proses ke jombloan yang telah mengakar kedalam dan semakin sulitnya mencari cewek yang bener-bener cantik luar dalam ini, gue justru dibuat semakin takut lagi untuk segera mencari pacar  dengan adanya istilah cabe-cabean yang kini kian beredar pesat menjadi sebuah tren mengantikan kata kimcil yang udah mulai di anggap kuno. Awalnya gue yang sangat teramat polos ini nggak tau apa itu cabe-cabean, logika gue mengambarkan kalo cabe-cabean adalah cewek yang suka makan cabe atau cewek yang seneng bikin pedes di hati, semisal suka selingkuh, suka bohong, atau mungkin suka pipis didepan cowok-cowok yang lagi bergerombol. Seiring berjalanya waktu semakin kuat pula pengetahuan gue tentang cabe-cabean, hingga sekarang gue tau apa itu cabe-cabaean dan juga tau apa dampak positif serta negative tentang adanya cabe varietas terbaru ini.
Arti pokok cabe-cabean sebenernya nggak jauh beda dengan kata kimcil Cuma saja kalau cabe-cabean itu pasti alay, sedangkan kimcil belum tentu alay. Iya seperti arti katanya “Cabe” Cewek Alay Bahan Ew**an. Duh gue bayanginya jijik banget sumpah, udah itu cewek alay bahan gituan lagi. Kalau kimcil aja sih mungkin masih agak wajar ya, dia nakal tapi biasa aja, tapi coba kalian bayangin “sudah kimcil ditambah alay pula”. Lah gila, anak alay dihari-hari biasa nggak lagi ngapa-ngapain aja dia suka foto pake front kamera dan update status apalagi ntar pas dia lagi ngew* sama pacar, bisa-bisa dia nulis status di FB ”Gue lagi mainin tit*t pacar gue nih” sambil upload foto senjata pacarnya dari atas, gimana Indonesia makin maju coba? Yang ada malah nafsu cowok-cowoknya yang makin maju.
Tapi sebagai warga Negara yang baik kita nggak perlu khawatir nggak apa-apalah di segi moral kita nggak bisa maju atau bahkan agak mundur, asalkan setidaknya 10 tahun kedepan industri perfilm’an kita bisa ngalahin industri film jepang yang sampai sekarang cuma menawarkan Miyabi dan Maria Ozawa sebagai best brand, kita punya jutaan cabe-cabean loh men, mereka siap memproduksi film lokal berkualitas 3gp tiap seminggu 3 kali. Dengan kemampuan produksi yang sangat tinggi ditambah lagi banyaknya cabe-cabean yang siap untuk berproduksi masal, negeri kita akan menjadi produsen film terbesar men. Bayangin coba kalo pemerintah serius dalam mengembangkan bisnis ini, semua cabe ditarik HP cinanya dan mulai dikenalkan dengan kamera beresolusi tinggi, icon kategori Asian Girls  nggak bakal lagi gambar orang jepang tapi produk kita, produk local kita, Cabe Indonesia.
Gue sebagai mahasiswa hukum, salut banget dengan seluruh Fakultas Pertanian dan Peternakan yang ada di Indonesia, berkat budidaya cabe yang mereka lakukan akhirnya tumbuh juga cabe yang sangat menguntungkan industri perfilman kita. Kita wajib bangga jadi anak Indonesia, mari bersama-sama kita budidayakan produk asli Indonesia ini, kita jadikan Indonesia kita ini tanah bercabe yang sejahtera dan setelah Indonesia berhasil menjadi tanah cabe yang sejahtera, gue akan pindah ke Malaysia buat cari istri yang bukan alim dan bukan cabe-cabean ataupun kimcil karena gue punya prinsip kalau istri gue kelak harus bener-bener milik gue dan belum pernah di icip sama satu cowok pun kecuali gue sendiri.

Oke sekian dari gue tentang cabe, sorry mat ague udah nggak kuat karena pedes ngeliatin cabe-cabe. Gue SofyanRian sampai jumpa.

Rabu, 01 Januari 2014

Cara Ampuh Move On

Gue baru pacaran 3 kali dalam hidup gue, tapi sudah berkali-kali cinta gue kandas. Kandas sama pacar gue, kandas sama gebetan gue, kandas sama mantan calon gebetan gue, dan kandas sama mantan bribikan gue. Gue pernah dijauhin gebetan karena ilfil, gue pernah ditinggal gebetan karena katanya nggak asik, gue sering di PHP gebetan dan akhirnya ditinggal karena kurang ganteng, gue sering ditelantarin sama gebetan karena muka gue mirip-mirip dengan anak terlantar dan gue pernah ditinggalin pacar gue karena dia akhirnya nyadar seberapa buruk penampakan fisik gue setelah bertahun-tahun lamanya kita pacaran. Pasang surut kisah asmara gue selalu mengharuskan gue untuk move on berkali-kali dan nyaris banget masa remaja gue, gue habisin buat move on dari gebetan-gebetan serta pacar gagal gue. Beruntung, sebelum nama gue masuk acara on the spot tentang 7 pria paling sering move on gue udah nemuin suatu prinsip amara sehingga sekarang gue nggak perlu repot-repot harus muvon-muvonan lagi. Prinsip gue adalah “Jangan deketin cewek sebelum mereka duluan yang memulai deketin kita” kalo di singkat jadi Gue Akan Jomblo Selamanya.
Bicara tentang move on, gue punya banyak banget pengalaman-pengalaman tentang tata cara move on yang mudah, murah dan sesuai dengan syariah. Seperti yang tertulis pada Kitab Anak Alay Indonesia, cara move on yang paling cepat dan murah adalah delete kontak mantan, dengan delete kontak mantan se enggaknya bisa mencegah kita buat hubungin dia tapi itu semua nggak menjamin dia, buat nggak menghubungi kita karena mereka masih punya kontak kita, soalnya biasanya nih ya pacar atau gebetan yang mengharuskan kita menjalani proses move on, sebenernya tuh nggak pernah rela kalo kita jauh dari dia, dia lebih suka kalo kita merasa ter PHP olehnya dari pada kita bener-bener jauh dari dia, ya seperti yang selama ini selalu gue alami, gue deket sama cewek, gue suka sama dia, dia tau gue suka dia, dia ilfil sama gue, dia jauhin gue, gue delcont, dia malah ngontak gue dan ngasih harapan lagi begitulah yang terjadi secara berulang sampe gue hafal betul mekanismenya. Trus solusinya gimana? Nggak ada solusi, gue belum tau harus bilang apa, gue sendiri masih bingung karena sering gagal dengan cara delete contact ini.
Cara move on kedua yang nggak kalah ampuhnya adalah seperti yang tertulis di kitab sutasoma karangan empu tantular versi amerika latin yaitu dengan cari alternatif lain. Artinya kalo kalian mau move on dari seseorang, kalian bisa mencari orang lain untuk mengalihkan perasaan kalian yang sebenernya masih nancep di mantan kalian.  Ya emang sih awalnya sulit, tapikan kalian bisa bayangin kalo orang baru itu sama kayak orang sebelumnya. Nah kalo misalnya belom ada yang mau sama kalian, kalian bisa colong boneka adik kalian dan bayangin bahwa itu adalah seseorang yang cantik atau ganteng (kalo gue cantik aja karena gue belum jadi maho seutuhnya) kemudian kalian ajak dia ke mall, makan bareng di cafe, renang, smsan dan apapun itulah. Gue yakin kalo beberapa minggu setelahnya kalian bakal dapat banyak kenalan baru di akademi kejiwaan.
Cara pertama dan kedua masih gagal?  Tenang brosis gue masih punya cara ketiga. Kali ini adalah cara move on versi religi. Jika kalian merasa bahwa diri kalian adalah orang yang paling galau sedunia dan udah nggak ada harapan lagi buat kalian untuk move on dari mantan. Nggak ada cara lain yang lebih bagus lagi selain memndekatkan diri dengan sang penguasa alam, itu dapat kalian lakukan dengan berbagai cara sesuai dengan agama dan kepercayaan kalian masing-masing. Buat kalian yang muslim kalian bisa meningkatkan frekuensi sholat kalian, yang semula bolong-bolong Cuma 3 kali sehari kayak minum obat dari dokter bisa ditambah jadi 7 kali sehari, kalo kalian biasanya puasa Cuma pas siang selama bulan ramadahan kalian bisa puasa siang malam selama bulan ramadhan. Dan jika kalian belum juga merasa dekat dengan sang pencipta, kalian bisa jalan ke palang pintu kereta di dekat rumah kalian, rebahkan tubuh kalian disana dan tunggulah beberapa saat kereta datang. Gue yakin waktu kalian bangun kalian sudah semakin dekat dengan sang pencipta, bahkan bisa jadi kalian ada di sisinya. Amin.
Terakhir Gue merasa miris banget sama kalian, udah gue kasih 3 cara buat move on tapi masih aja berharap ada yang ke empat, sungguh betapa hinanya diri kalian sampai-sampai 3 cara aja nggak cukup buat kalian agar bisa move on, oke deh ini adalah cara terakhir dari gue, gue udah nggak punya banyak ide lagi buat mikirin absurdnya keaadan kalian, jika kalian pengen move on tapi sangat sulit dan selalu gagal sudahlah syukuri saja hidup kalian, dan bertabahlah mungkin kalian memang ditakdirkan oleh yang maha kuasa untuk selalu galau di sepanjang hidup kalian, bersabarlah menghadapi ujian hidup yang pahit ini, gue yakin kelak kalian pasti akan menjadi orang yang paling galau di dunia. Amin.

Gue sofyanrian, terimakasih udah mampir di kacamata gue.